Selasa, 29 Maret 2016

Novel-novel yang wajib dibaca

Assalamualaikum, namaku meisha bisa dipanggil mey. Ini postingan aku yang pertama. Disini aku akan memberikan referensi mengenai novel-novel yang pernah aku baca. Genre novel yang aku referensikan paling banyak romance. Hehe maklum lah cewe. Oke langsung aja nih ya aku beri referensi dan synopsis nya juga.

1.  Novel Dilan
                        


Novel Dilan adalah karya dari Pidi Baiq ini ada tiga bagian. Yang pertama dia adalah Dilanku tahun 1990 tebalnya 332 halaman penerbit DAR! Mizan genre romance. Disini nyeritain pertemuan Milea Adnan Hussain atau yang bisa dipanggil Lia yang merupakan siswa pindahan dari Jakarta dengan seorang anak geng motor di Bandung yang bernama Dilan. Dilan ini adalah siswa yang lumayan pinter tapi bandel di salah satu sekolah daerah buah batu. Pertemuan antara Dilan dan Milea ini menurutku adalah pertemuan yang unik

banget. Banyak hal-hal menarik dan komedi di dalamnya. Yakin deh kalau kamu baca novel ini bakal ketawa-ketawa sendiri. Banyak yang bilang kalau novel ini lebih mirip kaya cara-cara untuk pedekate sama seorang cewe yang ga mainstream. So, buat para cowo diluar sana wajib baca novel ini deh. Hehe. Quotes yang terkenal dari novel yang pertama ini yaitu “Milea kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu, enggak tahu kalau sore. Tunggu aja”.
Yang kedua adalah dia adalah Dilanku tahun 1991 disini nyeritain masa-masa Dilan dan Milea pacaran. Tapi berbeda dengan novel Dilan yang pertama, novel yang kedua banyak adegan sedihnya sampe aku juga ikut terbawa suasana dan nangis. Banyak kejadian yang sedih mulai dari temennya Dilan yang meninggal sampe Dilan dan Milea putus. Pokonya dijamin nangis deh. Quotes yang terkenal dari novel ini yaitu “Tujuan pacaran untuk putus. Bisa jadi karena menikah, bisa karena berpisah”.
Novel yang ketiga ini masih belum liris jadi tunggu aja ya. Hehe. Aku juga penasaran sih. Tapi katanya novel yang ketiga ini nyeritain dari sudut pandang Dilan. Berbeda dengan novelnya yang pertama dan kedua merupaka cerita dari sudut pandang Milea. Quotes yang terkenal yaitu “Perpisahan adalah upacara menyambut hari-hari penuh rindu”. Okee buat kalian yang masih penasaran sama novel Dilan yang ketiga ini Pidi Baiq ngasih bocoran sedikit mengenai novelnya ini di http://ayahpidibaiq.blogspot.co.id/


  2.  Sunset bersama Rosie



Sunset Bersama Rosie merupakan salah satu novel dari penulis terkenal Tere Liye. Novel ini menceritakan kisah persahabatan antara Rosie dan Tegar. Mereka bersahabat dari kecil hingga akhirnya Tegar mulai merasakan perasaan yang berbeda kepada Rosie. Akhinya Tegar pun berusaha untuk mengungkapkan perasaannya kepada Rosie tepat pada saat Sunset di gunung Rinjani. Akan tetapi ketika tegar berusaha mengungkapkan perasaannya semua rencana itu sirna karena  sahaba semasa SMA nya yaitu Nathan. Banyak tragedi yang terjadi dalam novel ini. Mulai dari tegar yang berusaha menjauhi Rosie saat tahu Nathan dan Rosie berpacaran sampai akhirnya menikah. Dan sampai meninggalnya Nathan dalam tragedy bom di daerah Gili Trawangan. Novel ini remomended karena selain bercerita tentang persahabatan, cinta, dan kasih sayang yang tulus. Tetapi juga bercerita mengenai memaafkan dengan setulus hati dan juga berdamai dengan masa lalu bukan melupakan masa lalu.

 3. Novel Heis My Husband


Novel He is My Husband ini adalah salah satu novel karya Aydahana yang aku dapet dari download di google playstore. Awalnya sih biasa aja pas baca awal-awal bagiannya tapi pas udah masuk ke konfliknya rame banget dan ceritanya pun ga mudah ketebak. Novel ini nyeritain tentang seorang cewe yang bernama Chandra Kirana yang memiliki masa lalu yang kelam yang membuat dia berbeda. Dan kakaknya adalah seorang  agen rahasia. Kakanya mengenalkan Kiran kepada teman seprofesi bernama Abimanyu Pratama. Ketika pertama kali melihat Kiran, Abi langsung jatuh cinta kepada kiran dan berniat untuk melamarnya. Tapi disini yang menariknya adalah kehidupan setelah mereka menikah banyak sekali cobaan yang harus mereka lalui. Salah satunya adalah Kiran memiliki dua kepribadian atau alter ego yang bisa kambuh ketika dia dalam keadaan terancam. Alter ego ini muncul akibat masa lalu Kiran yang kelam. Nah pasti penasaran kan. Kalian bisa download novel ini di playstore.

4  Novel Tell Your Father I am Moslem


Novel Tell Your Father I am Moslem karya penulis Hengki Kumayandi dengan tebal 259 halaman penerbit Wahyu Qolbu ini adalah novel kisah cinta beda agama dan budaya antara David seorang remaja berkebangsaan Amerika dengan keyakinan nasrani dengan Maryam seorang remaja berkebangsaan Arab dengan keyakinan Islam. Nah yang membuat menarik adalah David merupakan anak angkat dari seorang paster di gereja dan Maryam adalah anak dari duta besar Uni Emirat Arab. Maryam terpaksa pindah dari negaranya karena pekerjaan ayahnya sebagai duta besar. Akan tetapi karena perbedaan budaya dan keyakinan Maryam dianggap teroris oleh teman barunya di Amerika. Sementara David adalah ketua kelas di kelas dimana Maryam berada. David pun akhirnya mencari tahu asal-usul Maryam dan mulai berteman baik dan berpacaran dengan Maryam. Akan tetapi ayah dari Maryam tidak suka putrinya berdekatan dengan David dan begitu pun sebaliknya ayahnya David juga tidak setuju.
“aku tetap bahagia ketika kau menjadi kekasihku, walau aku tak boleh sedikitpun aku menyentuhmu. Sayang, keyakinan yang kau miliki tak sama dengan keyakinanku, Maryam. Orang tuaku juga orangtuamu tak setuju jika kita bersatu.” –David.
“aku belum pernah merasakan cinta sehebat dan sedahyat itu. Kaulah cinta pertamaku, dan aku bahagia mencintaimu. Tapi sayang kebahagiaan ini tidak lebih seperti kupu-kupu yang sangat singkat hidupnya yang menikmati keindahan bunga-bunga di taman”-Maryam.

5Novel Menghitung Hujan


Novel Menghitung Hujan karya Sathy Agatha ini saya dapet di playstore tetapi ketika aku cek lagi playstore karya-karya Santhy Agatha udah gaada lagi. Aku juga ga tau kenapa padahal novel karya Santhy Agatha bagus-bagus. Jadi buat kamu yang pengen baca novel ini kamu bisa kunjungin situs www.wattpad.com . Situs itu merupakan situs untuk mempertemukan antara pembaca novel dan penulisnya. So kamu bisa buat akun wattpad, search judul novelnya di pencarian dan kamu bisa mulai baca novelnya. Atau ga kamu bisa kunjungin blog nya Santhy Agatha yaitu di www.anakcantik.blogspot.com
Dalam novel ini menceritakan sepasang kekasih bernama Nana dan Rangga yang tak lama lagi akan menikah. Akan tetapi beberapa hari sebelum menikah Rangga mengalami kecelakaan sehingga ia meninggal dunia. Dan tanpa sepengetahuan Nana, Rangga diam-diam menyumbangkan jantungya untuk seorang pria yang bernama Reno. Dan akhirnya takdirlah yang mempertemukan Nana dan Reno. Nana merasakan jantungnya berdegup kencang ketika melihat Reno. Sesuatu yang selalu Nana rasakan ketika bersama Rangga. Akankah Nana dan Reno dapat bersatu? Penasaran kan? Hehe. Kalian bisa baca novelnya ya biar ga penasaran. Hehe.

Oh ya novel ini juga banyak quotes yang aku suka salah satunya adalah “Kalimat-kalimatmu seindah hujan di pagi hari, sehalus ungkapan hati yang tak bertepi. Dan hatiku hanyalah setetes embun sisa hujan dimalam hari, menggayutkan mimpi bisu, menunggu matahari mengeringkannya. Hanya…ragaku sendiri bukan raga yang sama, dan cintaku sendiri bukan cinta yang mudah. Akankah aku bisa membuatmu bertahan. Atau haruskah aku memendam perih lagi, menatap punggungmu yang berlalu dan kemudian pergi?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar